Sunday, March 6, 2016

Belajar keyboard- Mencari Chord

Cara Mencari Chord
 
 
PENTINGNYA MEMAHAMI FORMULA CHORD (ASAL MUASAL CHORD) & KARAKTERNYA

ASAL MUASAL CHORD (FORMULA CHORD / CHORD TONES)

Karena gitar, bass, keyboard adalah alat musik yang identik dengan 'comping' yakni dimainkan untuk tujuan sebagai pengiring lagu/musik maka yang baik tentunya wajib terlebih dahulu memahami dan menguasai chord, sebab chord adalah 'rohnya' musik dan yang paling mutlak dimainkan ketika kita bermain musik tentunya, serta sebagai pondasi awal jika kita mau mendalami ilmu musik, kesimpulannya: jika kita tidak mampu bermain chord dengan baik tentunya mutu musikalitas kita patut dipertanyakan, kemampuan bermain chord atau biasa disebut chording adalah penentu hampir sekitar 80% skill bermusik, jadi ingat baik-baik ! belajar chord adalah pelajaran terpenting dalam ilmu musik.

Formula chord (chord-tones) adalah nada-nada pembentuk chord, kalau kita perhatikan jika kita memainkan chord C maka kita pasti akan membunyikan beberapa nada sekaligus, nah nada-nada itulah yang disebut formula atau nada-nada pembentuk chord, memahami formula chord merupakan pelajaran paling penting dalam musik, berikut ini beberapa contoh formula-formula chord dari chord-chord yang biasa kita mainkan (chord-chord major dan minor):

FORMULA CHORD MAJOR & MINOR:

chord C = C,E,G

chord Cm = C,D#,G

chord D = D,F#,A

chord Dm = D,F,A

chord E = E,G#,B

chord Em = E,G,B

chord F = F,A,C

chord Fm = F,G#,C

chord G = G,B,D

chord Gm = G,Bb,D

chord A = A,C#,E

chord Am = A,C,E

chord B = B,D#,F#

chord Bm = B,D,F#

CHORD-CHORD PERANAKAN 'MAJOR SCALE'

Major Scale : 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13

atau dalam not-not hurufnya, misal (DO=C) : C,D,E,F,G,A,B,C',D',E',F',G',A'

(catatan: major scale terdiri dari 7 nada lalu mengapa dalam penjabaran chord ditulis sampai not ke 13 atau melebihi satu oktaf? karena umumnya batas akhir penggunaan simbol angka dalam chord adalah not ke 13 atau jika didalam tangga nada DO=C maka akhir angka simboliknya di not ke-13 yakni not A)

1-5 = power chord (5)

1-8 = chord 8 (8)

1-3-5 = major

1-2-5 = sus 2

1-4-5 = sus 4

1-3-5-6 = major 6th (6)

1-3-5-7 = major 7th (maj7)

1-3-7-9 = major 9th (maj9)

1-7-9-11 = major 11th (maj11)

1-7-9-13 = major 13th (maj13)

1-3-5-9 = add9

1-3-6-9 = 6add9


Lalu ada lagi pertanyaan," itu yang diatas kan untuk kunci-kunci major, trus kalau untuk minor gimana om?"
JAWAB," mudah saja, formula major kan 1-3-5, dan formula minor 1-b3-5, nah dari penjabaran ini sudah kelihatan jelas bedanya major dan minor itu cuma di nada 3 nya, jadi semua chord-chord major diatas diturunin setengah nada 3 nya, formula yang lain gak perlu dirubah, contoh: chord major 6 formulanya 1-3-5-6 ketika kita ingin mengubahnya menjadi minor 6 cukup nada 3 nya yang diturunin setengah, jadi formula minor 6 seperti ini 1-b3-5-6... gampang sekali kan?"

APAKAH CHORD BISA MEMPENGARUHI PIKIRAN SESEORANG ?

JAWAB: bisa, chord atau yang biasa disebut kunci itu memiliki aura masing-masing dan punya kekuatan untuk mempengaruhi alam pikiran pendengar, contoh; coba anda bayangkan menonton film action, film horor, film comedy, film romansa, dan film-film lainnya tanpa adanya back sound atau cuma visual tanpa ada audio (suara), seru atau tidak? tentu tidak sama sekali, yang membuat seru adalah karena adanya sinkron antara visual dan suara, gambar/film tanpa suara tentu hilang maknanya, nah disini poinnya, yang jadi pertanyaan adalah apakah kita pernah membayangkan kira-kira chord latar apa yang dimainkan oleh sound tracker film, ketika ada adegan tegang, seram, lucu, romantis, santai, gembira, sedih dan lain-lain... nah disini diperlukan wawasan tentang chord agar 'matching' antara visual dan suaranya, matching antara pemilihan chord dan adegannya, inilah kira-kira sedikit ilustrasi bahwa seorang pemusik yg baik itu wajib memahami 'suasana' chord dan punya kemampuan untuk membayangkannya secara 'visual' meskipun cuma didalam kepala, dibawah ini beberapa chord beserta 'suasana' yang memancar darinya;

- Saat ingin menggambarkan situasi normal, biasa dan netral, cocok dengan chord major, contoh: C

- Disaat adegan tegang dan marah cocok dimainkan chord dominan, contoh; C7, C9, C11, C13

- Disaat adegan ceria atau sedikit suasana komedi, cocok dengan chord 6, contoh: C6

- Disaat sedang galau/sedih/khidmat dan juga sedang kasmaran, cocok akord minor, contoh: Cm

- Ketika menginginkan suasana yg menyeramkan, menegangkan, suram/redup, maka cocok dengan chord diminished, contoh: Cdim7

- Tatkala menginginkan situasi yang tenang, santai dan cool, mainkan chord major 7,9,11,13, contoh: CM7, CM9, CM11, CM13

- Jika ingin membuat suasana penasaran, mainkan chord suspended, contoh: Csus2, Csus4 atau bisa juga digabung dengan chord dominan, contoh: C7sus2 atau C7sus4

- Ingin menggambarkan suasana yg penuh petualangan, mainkan chord slash (slash chord), contoh: C/B, G/F#, D/F#

- Mau memunculkan keadaan yang lantang/keras, mainkan chord 5 (power chord), jika dimainkan di gitar maka sertai dengan distorsi, contoh: C5

- ingin suasana mencolok, coba mainkan chord aug, contoh: Caug atau C+

dan lain-lain......

# amat disayangkan, memahami 'mood/suasana/sugesti/kesan' chord jarang didalami oleh para pemusik pemula padahal rahasia permainan cantik musik ada di trik ini, ada di seputaran chord...

NB: seandainya tahu cara penempatan peggunaan chord-chord diatas dalam permainan kamu, maka kamu akan menghadirkan permainan yang akan menyentuh hati orang lain, karena setiap chord diatas memiliki daya pikatnya masing-masing yang akan mampu mempengaruhi orang lain secara psikologis... dan sangat disayangkan jika yang kita tahu cuma chord-chord dasar seperti major dan minor tanpa mengetahui berbagai jenis chord lainnya. chord itu banyak sekali baik secara jenis maupun pola, dalamilah maka kamu akan menemukan banyak permainan luar biasa dan indah yang berangkat darinya...


Masih susah nyari chordnya?
ini deh saya kasih special pake telor...hehehehehe





 Selamat berkarya

No comments:

Post a Comment